Pindah Panas


Pindah panas adalah ilmu yang mempelajari tentang laju perpindahan panas diantara material atau benda akibat perbedaan suhu. Panas akan mengalirkan dari tempat yang suhunya tinggi ketempat yang suhunya lebih rendah. Percampuran panas terjadi karena panas itu berpindah, sedangkan pada kalorimeter, perpindahan panas dapat terjadi dalam bentuk pertukaran panas dengan luar sistem.
Ada bermacam-macam metode pindah panas. Diantaranya adalah metode berikut ini:
1.     Konduksi adalah proses perpindahan panas jika panas mengalir dari tempaat yang suhunya tinggi ke tempat yang suhunya lebih rendah, dengan media penghantar panas tetap. Pada konduksi energy molekul langsung berubah dari daerah yang lebih panas ke daerah yang lebih dingin, molekul dengan energi yang lebih besar memindahkan sebagian energi ke molekul tetangganya yang ber energi lebih sedikit. Perpindahan kalor dengan cara konduksi pada umumnya terjadi pada zat padat. Suatu zat dapat menghantar kalor disebut konduktor, seperti berbagai jenis logam. Sedangkan zat penghantar kalor yang buruk disebut isolator, pada umumnya benda-benda non logam.
Konveksi adalah  perpindahan panas yang terjadi antara permukaan padat dengan fluida yang mengalir disekitaranya, dengan menggunakan media penghantar berupa fluida atau perpindahan kalor melalui zat penghantar yang disertai dengan perpindahan bagian-bagian zat itu.
Radiasi adalah perpindahan panas yang terjadi karena pancaran /sinar / radiasi gelombang elektro magnetik tanpa memerluhkan media perantara. Radiasi juga dapat diartikan sebagai perpindahan kalor tanpa memerlukan zat perantara. Pancaran kalor hanya terjadi dalam gas atau ruang hampa, misalnya penghantaran panas matahari ke bumi melalui ruang hampa udara. 
Alat ukur yang sering digunakan dalam pindah panas adalah evaporator.
Evaporator merupakan alat yang digunakan untuk mengevaporasilarutan. Evaporator adalah salah satu alat yang sering digunakan dalam pengukuran pindah panas.
Evaporasi sendiri artinya adalah menghilangkan air dari larutan dengan mendidihkan larutan di dalam tabung evaporator. Evaporasi bertujuan untuk memekatkan larutan yang terdiri dari zat terlarut yang tidak mudah menguap dengan pelarut yang mudah menguap.
 

Komentar

Postingan Populer