Belajar Menerima Kenyataan

Kalau mau menelisik hati lebih dalam lagi, akan terasa perasaan yang tak menentuh. Apalagi bila hati pernah tersentuh cinta? Siapa yang tidak terkesan dengan kata cinta, membayangkannya saja tentu membuat anda bahagia. Tapi apabila cinta tak bersambut tentu akan lain ceritanya?
Ibarat kata nasi telah menjadi bubur, badah telah terlanjur basah, bila cinta telah mendera maka harus siap menanggung deritanya. Yap tapi tidak boleh berputus asa, bila cinta tidak bersambut masih ada pintu-pintu cinta yang lainnya. Kali ini kita akan bahas sedikit tips untuk menata perasaan bila cinta enggan bersambut. Siapkan alat tulis anda untuk mencatat beberapa tips penawar luka di dada hehe..
Tips yang pertama:
Sadarilah bahwa dunia ini hanya sementara, maka luka karena tertolak cinta juga hanya sementara. Ingatlah Tuhan Yang Maha Esa agar hati lebih tentram dan tenang.Ketika hati kita tautkan kepada Tuhan maka akan timbul kesadaran kalo Tuhan lah yang benar-benar mencintai kita, tiada yang lebih mencintai kita kecuali Alloh SWT. Tiada yang lebih menginginkan kita selamat dan bahagia kecuali Alloh SWT. Maka kenapa kita harus merasa merana ketika cinta hamba tak jadi milik kita. 
Tips yang kedua:
Bersandarlah pada Alloh SWT, Tuhan semesta alam
Ketika kita sedang merasakan indahnya cinta seringkali kita terlena sehingga kita lupa untuk bermesraan dengan Alloh dan mengadu serta bercengkrama dengan-Nya. Namun disaat kita terluka dan merana karena cinta kita datang, merintih, mengadu, mengeluh dan memelas kepada Alloh SWT. Jadi yang lebih sakit kita atau Alloh. Namun Alloh tidak pernah menolak kita ketika kita hadir, Alloh senantiasa menerima kita walaupun kita sering melupaka-Nya.
Tips yang ketiga:
Sibukan diri dengan berbagai hal yang positif
Mungkin dulu ketika cinta masih mendera, anda meninggalkan hobi dan aktivitas-aktivitas anada yang dulu, karena anda merasa tak ada waktu kecuali untuk si dia. Namun kini ketika cinta telah berlalu, akan timbul kesadaran bahwa hobi dan kegiatan-kegiatan yang dulu di tinggalkan kini terasa amat di rimdukan. Memang tidak mudah melupakan kasih seorang hamaba, akan tetapi mau sampaikapan tenggelam dalam ketidak pastian lebih baik mulai jalani hobi dan kegiatan-kegiatan positif lainnya agar fikiran anda teralihkan dari si dia.
Tips yang ke empat:
Azamkan dalam hati dan fikiran bahwa anda juga pantas bahagia
Azam atau tekad memang tidak mudah di tumbuhkan apalagi ditenga hati yang mulai gersang karena kehilangan penerang yaitu cinta.  Bulatkan niat dan kuatkan tekad, pandanglah wajah anda yang sudah terlalu lama menderita karena cinta, tak perlu berteriak kepada semua orang bahwa anada pantas bahagaia,. Cuku buktikanlah kepada orang-orang di sekitar anda, bahwa anda mampu dan anda pantas untuk bahagia tanpa cinta dari si dia.
Tips yang ke lima:
Putuskanlah komunikasi yang tidak penting dengan si dia
Ketika cinta masih bersambut, komunikasi pun tak pernah terlupa. Hampir setiap waktu ada alasan untuk berkomunikasi dengan dia si belahan jiwa. Bahkan ketika tidak ada alasan untuk berkomunikasi anda akan membuat seribu lasan agar anda dapat berkomunikasi dengan si dia. Namun suasana akan terasa berbeda bila dia sudah tiak mencintai anda, hanya kesepian yang menyapa tak ada yang lebih kecuali hanya airmata. Ketika anda merasakan hal itu, jangan pernah anda berkomunikasi dengan sia dia seperti dulu lagi, anda harus membatasi komunikasi dengan si dia dalam bentuk apapun, sms, telpon, chating ataupun yang lainnya. Untuk memutuskan komunikasi bukan berarti anda harus menghapus nomor si dia atau anda harus mengganti nomor telpon anda, tak perlu anda lakukan semua itu. Anda hanya perlu bersikap dewasa dan tidak mengingat masalalu bersama si dia, Memang terkadang kedewasaan itu membutuhkan pengorbanan, menciptakan rasa sakit dan kekecewaan. Namun mau bagaimana lagi anda tetap harus maju.
Bertahanlah dengan semua ini, karena tak selamanya cinta tak besambut itu membuat anda merengut. Anda tak perlu menjadi orang lain ketika menginggalkan orang lain. Kuatkanlah hati dan sadarkanlah diri bahwa cinta tak selamanya berujung luka. Akan tiba masanya Alloh mengirimkan bagia anda jodoh yang baik. Anda hanya perlu terus menerus memperbaiki diri dan bila dia adalah jodoh anda dia tidak akan kemana. Karena tak akan lari gunung di kejar. Namun apabila dia bukanlah jodoh anda, anda telah bersiap menerimanya karena anda telah mencoba untuk terbiasa hidup tanpa kehadiran si dia. Melupakan rasa cinta memang tidak mudah akan tetapi tetap hidup dalam kenangan dan angan-angan jauh lebih sulit, dibandingkan dengan belajar menerima kenyataan. Rasa sakit itu ada karena anda masih berharap untuk merancang masa depan bersamnya. Bukalah mata dan lihat dunia, lupakan moment-moment bersamanya dan bangunlah moment-moment baru bersama pemilik cinta dan penguasa hati Alloh aza wa jala. Semua akan indah pada masanya, waktu insyaalloh berubah begitupun dengan hati dan fikiran anda.

Komentar

Postingan Populer