Alat Bantu Gambar di AutoCAD



Dalam menggambar teknik kita membutuhkan perangkat lunak atau software. Software adalah Sebuah kerangka kerja proses umum yang dibangun dengan mendefinisikan sejumlah kecil aktivitas kerangka kerja yang bisa diaplikasikan ke semua proyek perangkat lunak, tanpa melihat ukuran atau kompleksitasnya. Rekayasa perangkat lunak merupakan sebuah teknologi yang dibentangkan. Banyak pendekatan keteknikan yang harus berada pada sebuah komitmen dasar.
Berikut beberapa software yang dapat digunakan untuk menggambar teknik:
1.      ArchiCAD
ArchiCAD, merupakan software yang khusus diperuntukkan bagi arsitek (khusus bagi gambar arsitektur), karena perintah-perintah yang ada di ArchiCAD adalah elemen-elemen bangunan, yaitu dinding, kolom, balok, plat dan atap. ArchiCAD dilengkapi dengan library komponen-komponen bangunan dan interior juga komponen pencahayaan. Untuk menghasilkan gambar 3 Dimensi, ArchiCAD dilengkapi dengan rendering engine. Keistimewaan ArchiCAD adalah saat menggambar kita hanya menggambar denah, sementara tampak dan perspektif secara otomatis dibuat oleh ArchiCAD.
2.      Software sweethome 3D
Program ini bisa digunakan untuk menggambar bangunan, bangunan yang sering didesain menggunakan sweethome 3D adalah bangunan rumah tinggal. Karena fitur yang disediakan secara spesifik hanya mengenai rumah tinggal.
3.      Google SketchUp
Google SketchUp cocok bagi Arsitek maupun mahasiswa arsitektur dan desainer interior dalam membuat gambar studi, atau konsep desain. Keistimewaan dari software ini adalah dapat menghasilkan gambar 3 dimensi dengan cepat dan praktis. Kelebihan lainnya dari Google SketchUp adalah kita dapat men-download component dari website-nya google secara gratis dan komplit.
4.      3D Studio Max
3D Studio Max, merupakan software yang populer di kalangan propesional modelling, karena 3D Max dapat menghasilkan gambar dengan kualitas yang sangat bagus, realistik, dengan pencahayaan dan bayangan yang akurat. Selain menghasilkan gambar, 3D Max juga biasa digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi, dengan objek yang dapat bergerak.
5.      Mechanical Desktop
Merupakan program CAD (Computer Aided Design) yang diperuntukkan bagi para Mechanical Engineer. Mechanical Desktop sendiri merupakan salah satu tool yang sangat membantu dalam pembuatan desain suatu perangkat permesinan. Software ini dapat digunakan untuk merancang sebuah bangunan mulai dari Sketch, Part Modelling, Assembly Modelling dan gambar kerja sampai pencetakan hanya dalam waktu singkat.
6.      ANSYS Mechanical
Merupakan software yang komprehensif untuk struktural linier / nonlinier dan analisis dinamika. Produk ini menawarkan satu set lengkap unsur-unsur perilaku, model material dan pemecah persamaan untuk berbagai permasalahan dan rekayasa. Selain itu, ANSYS mechanical menawarkan analisis termal dan kemampuan fisika yang melibatkan akustik, piezoelektrik, termal analisis-struktural dan termal-listrik.
7.      ANSYS Profesional
Merupakan software yang menyediakan pengguna dengan kemampuan simulasi tingkat tinggi tanpa memerlukan keahlian tingkat tinggi. Perangkat lunak ANSYS Profesional menawarkan langkah pertama ke dalam dinamika linier canggih dan kemampuan nonlinier.
8.      ANSYS Design Space
Perangkat lunak ANSYS Design Space adalah perangkat lunak yang menyediakan alat untuk konsep, desain dan memvalidasi ide pada desktop. Sebuah subset dari produk Profesional ANSYS, ANSYS Design Space memungkinkan pengguna untuk dengan mudah melakukan di dunia nyata  optimasi berat statis struktural dan termal, dinamis,, modus getaran, dan simulasi faktor keamanan pada semua desain tanpa membutuhkan pengetahuan analisis lanjut.
9.      Mechanical Toolbox (US unit saja)
Program ini berisi beberapa fungsi yang biasa digunakan oleh para insinyur teknik mesin . Fungsi ini termasuk database pipa, dimensi flens, tekanan / peringkat suhu, konversi kekerasan, dimensi kawat gage, kalkulator minimum dinding pipa, konversi unit, faktor intensitas tegangan (SIFs) dan kalkulator penurunan tekanan.
10.   ANSYS Design Modeler
Merupakan Perangkat lunak yang menyediakan fungsi unik untuk pemodelan simulasi yang mencakup penciptaan geometri rinci, modifikasi CAD geometri dan alat-alat model konsep penciptaan.
Pada umum software yang sering digunakan oleh mahasiswa dalam menggambar teknik adalah AutoCAD. Hal ini dikarenakan Auto CAD memiliki kelebihan dapat menghasilkan gambar dengan skala dan ukuran yang akurat. Kompatibilitasnya yang tinggi memungkinkan gambar – gambar AutoCAD dapat diterima oleh sebagian besar program menggambar lain dan dapat dicetak dengan menggunakan hampir semua alat pencetakan. AutoCAD memiliki fasilitas yang cukup komplit untuk membuat gambar – gambar dua dimensi dan tiga dimensi. Dengan tingkat presisi hingga 13 digit, AutoCAD memiliki tingkat akurasi jauh lebih sempurna dan terjaminl.  Perintah Copy, Array, Block, dan sebagainya memungkinkan kita membuat dan mengedit gambar secara masal dalam waktu cepat. AutoCAD memiliki ruang kerja tak terbatas. Koordinat tertinggi yang dapat dimasukkan adalah 1099. Gambar dapat dicetak berkali-kali dengan skala yang berbeda-beda tanpa harus membuat ulang gambar tersebut.
CAD atau Computer Aided Design adalah suatu perangkat lunak atau software program computer yang digunakan untuk menggambar suatu produk atau bagian dari suatu produk berupa 2D maupun 3D. Salah satu contoh program Computer Aided Design adalah Auto Cad. CAD pun berevolusi dan terintegrasi dengan CAE (Computer Aided Engineering) dan CAM (Computer Aided Manufacturing).  CAM atau Computer Aided Manufacturing merupakan teknologi perencanaan, pengaturan, dan pengonrolan pembuatan produk dengan bantuan computer. System CAM mencakup bidang-bidang keahlian seperti CAPP (Computer Aided Process Planning atau persiapan pekerjaan yang dibantu dengan komputer), pemrograman NC (Numerical Control) dan pemrograman robot, pembuatan instruksi pekerjaan, perencanaan material dan penyediaan perkakas potong dan alat-alat penjepit, serta mencakup juga FMS (system computer untuk pengontrolan system produksi yang fleksibel).
CAE atau Computer Aided Engineering merupakan teknologi penghitungan karakteristik dari suatu produk atau bagian dari suatu produk dengan bantuan computer. Dalam perencanaan atau perancangan suatu produk tidak cukup hanya dengan drawing atau gambar saja, tentunya juga diperlukan untuk mengetahui karakteristik dari produk yang dirancang tersebut baik secara mekanika-statis, dinamis, maupun thermal, dan karakteristik lainnya yaitu dengan cara menganalisa produk rancangan tersebut.
Banyak sekali tools di dalam AUTOCAD 2007, diantaranya adalah sebagai berikut:
1.    Line
Line atau garis adalah tools yang paling dasar di AUTOCAD. Command/Perintah untuk membuat garis adalah “LINE” atau dapat disingkat menjadi “L” saja. Setelah selesai, anda dapat mengakhirinya dengan menekan Enter.
Langkah:
a. Masukan perintah : ketik “Line” / “L”
b.  Klik titik acuan
c.  Masukan nilai pada rumus:
Rumus : @(panjang) < (sudut)
Contoh : @25 < 30°
2.    Circle
Circle adalah tools yang digunakan untuk membuat lingkaran. Ketik “Circle” atau huruf “C” untuk menggambar lingkaran, kemudian tekan Enter untuk mengakhiri. Untuk memasukan nilai radius langsung masukan nilai radius-nya. Untuk memasukan nilai diameter suatu lingkaran tekan “D” lalu masukan nilai diameter-nya.
Langkah1 radius:
a.       Masukan perintah: ketik “Circle” / “C”
b.       Tentukan titik acuan
c.       Masukan nilai dengan nilai jari-jari (R)
Langkah2 diameter:
a.       Masukan perintah: ketik “Circle” / “C”
b.      Tentukan titik acuan “D”
c.        Masukan nilai diameter
3.    Arc
Perintah Arc digunakan untuk membuat busur atau garis lengkungan dengan mengetikan Arc pada command promp atau klik ikon pada tool bar  yang tersedia.
4.    Rectangle
Rectangle adalah tools yang digunakan untuk membuat empat persegi panjang. Ketik “Rectangle” atau “Rec” pada command promp untuk membuat empat persegi panjang yang tiap sisinya dapat diatur sebagai berikut:
Langkah:
a.       Masukan perintah: ketik “Rec”
b.      Tentukan titik acuan
c.       Masukan nilai pada rumus:
Rumus: @ Panjang , Tinggi
Contoh: @50 , 75
5.    Polyline
Perintah Polyline atau pline digumakan untuk menggambar gabungan garis lurus, lengkung, atau gabungannya dengan kondisi garis berisi ketebalan tertentu. Langkah penggunaan dan rumus Polyline sama dengan Line.
Langkah:
a.       Masukan perintah: ketik “Polyline”
b.      Klik titik acuan
c.       Masukan nilai pada rumus:
Rumus : @(panjang) < (sudut)
Contoh : @25 < 30°
6.    Erase
Perintah Erase digunakan untuk menghapus garis, huruf dan berbagai bagian dari gambar.
7.    Mirror
Perintah Mirror digunakan membuat pencerminan dari objek yang dipilih, dengan berdasarkan satu garis atau titik sebagai cerminnya.
8.    Offset
Perintah Offset digunakan untuk membuat satu objek yang parallel dengan menentukan jarak objek atau menunjukan suatu titik pada layer.
9.    Array
Perinatah Array digunakan untuk menduplikatkan lebih dari satu objek dengan susunan yang teratur. Dua jenis Array yang tersedia yaitu Rectangular (array kotak), dan Polar (array melingkar).
10.  Trim
Perintah Trim dipakai untuk memotong objek gambar dengan memakai batas objek lainnya yang telah dipilih atau ditentukan terlebih dahulu.
11.  Extend
Perintah Extend digunakan untuk memanjangkan sebuah atau lebih dari satu objek line dengan menentukan garis batas panjangannya terlebih dahulu.
AutoCAD memberikan beberapa cara penggunaan tool untuk menentukan sudut pandang sebagai berikut:
1.      Apabila Anda menggunakan AutoCAD rilis 2007 atau yang lebih  baru, dapat langsung melalui combo dalam control panel 3D Navigate pada Dashboard.
2.      Dapat juga Anda lakukan melalui toolbar View.
Apabila toolbar View tersebut belum ada di layar monitor, tampilkan dengan cara menempatkan kursor pada salah satu toolbar yang telah ada di layar monitor, tekan tombol kanan mouse, kemudian pilih item View dari flyout yang ditampilkan. Penentuan sudut pandang merupakan hal yang sangat penting di dalam proses pemodelan. Tool untuk mengatur penampakan yang sudah populer digunakan, yaitu Isometric view.
Berikut beberapa jenis isometric view yang dapat digunakan untuk memodifikasi menjadi 3D:
1.      SW Isometric untuk menampilkan tampilan 3D kiri depan.
2.      SE Isometric untuk menampilakan tampilan 3D kanan depan.
3.      NE Isometric untuk menampilkan tampilan 3D kanan belakang.
4.      NW Isometric untuk menampilkan tampilan 3D kiri belakang.
Menggambar dengan autocad dapat menggunakan perintah pada command atau menggunakan tombol-tombol yang sudah disediakan dalam software autocad, namun menggambar dengan perintah command akan mempercepat proses pembuatan object dalam autocad, banyak sekali perintah-perintah yang dapat digunakan seperti perintah change. Perintah change berfungsi untuk mengubah text, height text, style text, ltype, layer, dan color atau bisa juga memakai perintah DDMODIFY.
Perintah menu change memiliki beberapa sub command diantaranya adalah:
1.      Color
Sub command color berfungsi untuk merubah warna objek.
2.      Line type
Sub command linetype berfungsi untuk mendefinisikan tipe garis.
3.      Line weight
Sub command lineweight berfungsi untuk mengubah ketebalan garis objek.
4.      Thickness
Sub command thickness berfungsi untuk menaikan ketebalan obyek 2D yang akan membentuk obyek 3D.
5.      Elevasi
Sub commad elevasi berfungsi untuk merubah ketinggian objek.
6.      Material
Sub command material berfungsi untuk membuat suatu objek 3D lebih hidup.
7.      Line scale
Sub command line scale berfungsi untuk mengatur skala untuk tipe garis non-continuous.
Trim adalah perintah yang digunakan untuk memotong objek gambar dengan memakai batas objek lainnya yang telah dipilih atau ditentukan terlebih dahulu. Batas pemotongan dapat berupa garis, busur, lingkaran, polyline, ellips, spline, region, dan sebagainya. Pada perintah Trim, objek yang telah dipotong ataupun objek baru dapat diperpanjang kembali tanpa keluar dari perintah Trim, yaitu dengan menekan tombol Shift kemudian memilih objek yang akan diperpanjang. Fillet berfungsi untuk membuat garis busur pada dua segmen yang berpotongan. Fungsi trim dan fillet yang berbeda menyebabkan kedua perintah tersebut memiliki sub command yang berbeda pula.
Berikut cara untuk menggunakan perintah trim beserta tahapan sub commandnya:
  1. Command: Trim
  2. Current settings: Projection=UCS, Edge=None
  3. Select cutting edges
  4. Select objects: <klik P1>
  5. Select objects: <klik P2>
  6. Select objects: <klik P3>
  7. Select objects: <klik P4>
  8. Select objects: <klik P5>
  9. Select objects: <klik P6>
  10. Select objects: <enter>
  11. Select object to trim or shift-select to extend or [France/Crossing/Project/Endge/eRase/Undo]: <klik yang mau dihilangkan>
Berikut cara untuk menggunakan perintah fillet beserta tahapan sub commandnya:
  1. Command : FILLET
  2. Current settings: Mode = TRIM, Radius = 0.0000
  3. Select first object or [Undo/Polyline/Radius/Trim/Multiple]: R
  4. Specify fillet radius <0.0000>: 0.5
  5. Select first object or [Undo/Polyline/Radius/Trim/Multiple]: <klik P1>
  6. Select second object : <klik P2>
  7. Command: fillet
  8. Current settings: Mode = TRIM, Radius = 0.5000
  9. Select first object or [Undo/Polyline/Radius/Trim/Multiple]: <klik P3>
  10. Select second object or shift-select to apply corner: <klik P4>
Pada autoCAD terdapat perintah Copy dan Offset. Meskipun sama-sama untuk menduplikasi objek Copy dan Offset memiliki fungsi yang berbeda. Copy berfungsi untuk menduplikasikan atau memperbanyak objek dengan menentukan titik acuan pertama kemudian titik tujuan. Sedangkan offset berfungsi  untuk menduplikat objek dengan suatu jarak tertentu dan hasil duplikasi adalah paralel dengan objek aslinya. Jika objek tersebut berupa lengkungan atau polyline maka akan lebih besar atau lebih kecil dari obyek aslinya. Hal ini tergantung ke arah mana offsetnya, jika offset dilakukan ke arah luar maka hasilnya akan lebih besar demikian pula sebaliknya.
Selain perita Copy dan Offset, didalam autoCAD masih menyimpan banyak perintah yang lainnya, seperti perintah Trim dan Erase. Trim adalah perintah yang digunakan untuk memotong objek gambar dengan memakai batas objek lainnya yang telah dipilih atau ditentukan terlebih dahulu sedangkan Erase adalah perintah yang digunakan untuk menghapus atau menghilangkan garis/gambar, perintah Erase dapat menghapus beberapa satu atau beberapa garis juga semua gambar dengan mengetik all pada select object.
Untuk membuat obyek pada AutoCad digunakan sistem koordinat. Sistem koordinat yang ada di AutoCad
terdiri dari :
  1. Cartesian coordinates
Cartesian coordinates digunakan untuk menentukan titik acuan dalam membuat obyek. Untuk menggunakan cartesian coordinates dalam menentukan titik acuan pembuatan obyek dilakukan dengan memasukan nilai x dan nilai y yang dipisahkan dengan koma (,). Nilai x dan y bisa berupa positif maupun negatif, yang didalam AutoCad, nilai x merupakan horisontal axis dan nilai y adalah vertikal axis. Cartesian coordinates dapat juga digabungkan dengan relative coordinates. Relative coordinates digunakan ketika titik acuan (titik koordinat) yang terakhir telah dimasukan/diketahui. Relative coordinates menggunakan tanda “@”.
  1. Polar coordinates
Polar coordinates adalah koordinat yang menggunakan sudut, bersamaan dengan nilai (angka/axis) yang diinginkan. Untuk menggunakan polar coordinates pada suatu titik, terlebih dahulu memasukan nilai (angka/axis) dan sudut yang dipisahkan oleh tanda “<”. Arah sudut pada polar coordinates adalah berlawanan dengan arah jarum jam. Untuk memasukan sudut yang searah jarum jam maka digunakan tanda negative. Polar coordinates dapat/digabungkan dengan relative coordinates.
Pada praktikum acara 1 di tahap ke 5 terdapat perintah sebagai berikut:
“@1<45,@1<315,@1<225,c”
“@” menunjukan bahwa gambar menggunakan relative coordinates. @  untuk menyatakan angka yang ada di depannya adalah jarak pergerakan. “<” menunjukan arah sudut pada polar coordinates,” < “  untuk menyatakan bahwa angka yang ada di depannya adalah besar sudut dari sumbu. Dari rumus diatas dapat kita ketahui gambar tersebut dimulai dari garis sepanjang 1 axis dengan arah sudut 450, dilanjutkan dengan panjang 1 axis bersudut 3150 dan berakhir pada garis sepanjang 1 axis dengan sudut 2250. Untuk mengakhiri perinta ketik c yang berarti close.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer