Hubungan Teknik Pertanian Dengan Disiplin Ilmu Lain




Dalam perkembangan kebudayaan manusia, dari masa prasejarah sampai era manusia modern, mengalami beberapa tahapan peradaban. Pada awal peradaban kuno, manusia berkelompok dan hidup dengan cara berpindah-pindah (nomaden) dari satu tempat ke tempat lain. Kebutuhan makanan dipenuhi dengan cara mengumpulkan buah-buahan, biji-bijian, atau hasil pertanian lain yang dapat dimakan, atau menangkap hewan. Pada era kebudayaan berpindah dan berburu ini, kelompok atau suku manusia telah mengenal apa yang kita kenal sekarang sebagai teknologi cara membuat senjata dari batu, masa kebudayaan itu dikenal sebagai zaman batu kuno (paleotikum).
Perkembangan pertanian juga diiringi dengan perkembangan teknologi awal untuk membantu kegiatan tersebut seperti alat pengolah tanah, jentera penarik air, dan alat pemanen. Periode ini sejalan dengan zaman Logam, dimana teknik peleburan tembaga dan emas telah dikenal di Timur Tengah pada 5000 SM. Penemuan perak di kawasan Timur Tengah dan juga di daratan Cina dan Thailand merupakan tonggak zaman Perak. Demikian pula teknologi bangunan dilakukan dalam pembuatan rumah dengan bata atau batu, baik untuk kediaman atau untuk upacara agama seperti piramida dan candi, atau tempat penimpanan hasil panen pertanian.
Peradaban pertanian, bercocok tanam dan beternak yang pada awal hanya untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari atau subsisten-pada perkembangan berikutnya sejalan dengan perubahan kehidupan masyarakat yang bercorak perdagangan, berangsur-angsur berubah menjadi kegiatan yang dijualbelikan. Corak kegiatan ini dianggap sebagai cikal-bakal usaha tani, yang meskipun diusahakan oleh rumah tangga, tetapi hasil panenan dan ternak ditujukan untuk dijualbelikan.
Secara lengkap dari aspek ranah keilmuan, teknologi pertanian dapat diuraikan sebagai suatu penerapan prinsip-prinsip matematika dan sains alam dalam rangka pendayagunaan secara ekonomis sumberdaya pertanian dan sumberdaya alam untuk kepentingan kesejahteraan manusia.
Pada pilihan pertama, masuk teknik pertanian, yang merupakan pemahaman baru aspek teknik tentang bagaimana dan mengapa cara bekerjanya berikut penjelasan secara ilmiah tentang manipulasi budidaya reproduksi pertanian (sumberdaya hayati dan biofisik lingkungan). Terminologi teknik pertanian sebagai padanan agricultural engineering dikenalkan di Indonesia pada paruh 1990-an, bersamaan dengan pengenalan dan penggunaan traktor untuk program intensifikasi pertanian.
Bidang cakupan teknik pertanian antara lain sebagai berikut,
1.    Alat dan mesin budidaya pertanian, mempelajari dan bergiat dalam penggunaan , pemeliharaan, dan pengembangan alat dan mesin budidaya pertanian.
2.    Teknik tanah dan air, menelaah persoalan yang berhubungan dengan irigasi, pengawetan dan pelestarian sumber tanah dan sumberdaya air.
3.    Energi dan elektrifikasi pertanian, mencakup prinsip-prinsip teknologi energi dan daya seta penerapannya untuk kegiatan pertanian.
4.    Lingkungan dan bangunan pertanian, mencakup masalah yang berkaitan dengan perancangan dan konstruksi bangunan khusus untuk keperluan pertanian, termasuk unit penyimpanan tanaman dan peralatan, pusat pengolahan dan sistem pengendalian iklim serta sesuai keadaan lingkungan.
5.    Teknik pengolahan pangan dan hasil pertanian, penggunaan mesin untuk menyiapkan hasil pertanian, baik untuk disimpan atau digunakan sebagai bahan pangan atau penggunaan lain.
Teknik pertanian didasari pada 4 imu dasar yaitu, fisika, matematika, kimia dan biologi. Adapun keterkaitan teknik pertanian dengan disiplin ilmu lain seperti teknik sipil, teknik mesin, teknik kimia, dan teknik industri. Teknik pertanian juga berhubungan dengan defisi ilmu zoology, botani dan fisiologi.

Komentar

  1. Your Affiliate Profit Machine is waiting -

    Plus, making money with it is as simple as 1---2---3!

    Here's how it works...

    STEP 1. Choose affiliate products you want to push
    STEP 2. Add some push button traffic (it takes JUST 2 minutes)
    STEP 3. See how the affiliate system explode your list and upsell your affiliate products all by itself!

    Do you want to start making money??

    Click here to launch the system

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer